<>Anak
Buah Kapal (ABK) atau Awak Kapal terdiri dari beberapa bagian.
Masing masing bagian mempunyai tugas dan tanggung jawab sendiri dan tanggung
jawab utama terletak di tangan Kapten kapal selaku pimpinan pelayaran.
Hierarki Awak Kapal
Terbagi menjadi Departemen Dek dan Departemen Mesin, selain terbagi menjadi
perwira/Officer dan bawahan/Rating.
* '''Perwira Departemen Dek'''
*# Kapten/Nakhoda/Master adalah pimpinan dan penanggung jawab pelayaran
*# Mualim I/Chief Officer/Chief Mate bertugas pengatur muatan, persediaan air
tawar dan sebagai pengatur arah navigasi
*# Mualim 2/Second Officer/Second Mate bertugas membuat jalur/route peta
pelayaran yg akan di lakukan dan pengatur arah navigasi.
*# Mualim 3/Third Officer/Third Mate bertugas sebagai pengatur, memeriksa,
memelihara semua alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas sebagai pengatur
arah navigasi.
*# Markonis/Radio Officer/Spark bertugas sebagai operator radio/komunikasi
serta bertanggung jawab menjaga keselamatan kapal dari marabahaya baik itu yg
di timbulkan dari alam seperti badai, ada kapal tenggelam, dll.<ref>Namun
pada awal tahun 1990-an posisi markonis ini terancam dengan adanya peralatan
komunikasi yang sangat modern yaitu dengan menggunakan system INMARSAT
(International Maritime Satelit) dan GMDSS (Global Maritime Distress Safety
System). Komunikasi dengan menggunakan INMARSAT lebih cepat, tepat dan akurat
karena menggunakan sistem satelit pengiriman berita bisa lewat e-mail, ataupun
telephone secara langsung. Banyak perusahaan pelayaran tidak mempekerjakan
seorang markonis di atas kapal, karena para Mualim dan Kapten juga di
perbolehkan mengoperasikan peralatan INMARSAT dan GMDSS dengan ketentuan
sertifikasi yang layak untuk menggantikan posisi marconist.
Pemerintah telah memberikan kesempatan kepada para ex markonis / operator radio
untuk mengambil ijazah Mualim III / ANT III (Deck Departement), akan tetapi
tidak semua ex markonis tersebut dapat mengikuti pendidikan untuk mengambil
ijazah ANT III tersebut dengan alasan sebagai berikut :
* Untuk para operator radio yang sudah lanjut usia.
* Biaya untuk mengambil ijazah ANT III tersebut sangat mahal.
* Lama pendidikan di tambah praktek kerja laut.</ref>
* '''Perwira Departemen Mesin''' :
*# KKM (Kepala Kamar Mesin)/Chief Engineer, pimpinan dan penanggung jawab atas
semua mesin yang ada di kapal baik itu mesin induk, mesin bantu, mesin pompa,
mesin crane, mesin sekoci, mesin kemudi, mesin freezer, dll.
*# Masinis 1/First Engineer bertanggung jawab atas mesin induk
*# Masinis 2/Second Engineer bertanggung jawab atas semua mesin bantu.
*# Masinis 3/Third Enginer bertanggung jawab atas semua mesin pompa.
*# Juru Listrik/Electrician bertanggung jawab atas semua mesin yang menggunakan
tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan.
*# Juru minyak/Oiler pembantu para Masinis/Engineer
* '''Ratings atau bawahan'''
*# ''Bagian dek'':
*## Boatswain atau Bosun atau Serang (Kepala kerja bawahan)
*## Able Bodied Seaman (AB) atau Jurumudi
*## Ordinary Seaman (OS) atau Kelasi atau Sailor
*## Pumpman atau Juru Pompa, khusus kapal-kapal tanker (kapal pengangkut
cairan)
*# ''Bagian mesin'':
*## Mandor (Kepala Kerja Oiler dan Wiper)
*## Fitter atau Juru Las
*## Oiler atau Juru Minyak
*## Wiper
*# ''Bagian Permakanan'':
*## Juru masak/ cook bertanggung jawab atas segala makanan, baik itu memasak,
pengaturan menu makanan, dan persediaan makanan.
*## Mess boy / pembantu bertugas membantu Juru masak
0 comments:
Post a Comment